Rabu, 30 Mei 2012

Perawatan Bayi Kucing Tanpa Induk (0-1 bulan)

Hi cat lovers~~~
Mungkin beberapa cat lovers masih ingat Tammy baru aja kehilangan kucing Tammy yang namanya Momo (08 May 2008-26 May 2012). Dan belum lama ini (hari minggu, 27 May 2012) Tammy nemu'in anak-anak Momo di dalem langit-langit kostan. Umur mereka kurang lebih 3 minggu. Ini bukan pertama kalinya Tammy ngurus bayi kucing, makanya Tammy mau share ke kalian semua gimana caranya Tammy ngerawat bayi-bayi kucing ini.

Ada beberapa hal yang cat lovers perlu sedia'in :

  1. Tissue, berhubung bayi-bayi kucing ini belum bisa pipis/poop sendiri, jadi kita perlu merangsang mereka untuk pipis/poop dengan cara mengusap-usap lembut bagian pantat mereka. Nah kalo di usap-usap pake tangan, nanti pipis atau poopnya malah bisa beleberan sampai ke perut, jadinya si bayi kucing ini kotor deh.. Itu gunanya tissu, jadi usap-usap lembut bagian pantat dengan tissue sambil mengelap poop/pipisnya..
  2. Tissue basah, kegunaannya sama kayak tissue basah untuk bayi manusia. Setelah bayi kucing poop/pipis, pantatnya di elap lagi dengan tissue basah. Gunanya untuk mengangkat sisa-sisa pipis atau poopnya. Kalo sisa-sia kotoran enggak di angkat, bisa jadi sarang penyakit loh..
  3. KMR atau Kitten Milk Replacer, Susu Formula khusus bayi kucing ini bisa kalian beli di petshop. Harganya macem-macem, contoh RC baby cat milk 350rb/kaleng, Prolac 135rb/kaleng, Coco cat 80rb/kotak. Masalah merek kalo menurut Tammy semua sama aja, yang penting judulnya "Milk Replacer" atau "Baby Cat Milk". KMR ini bisa dipakai dari umur bayi kucing 0-2 bulan. Jadi buat cat lovers yang bingung mau ngasih apa ke bayi kucing yang ditinggal mati induknya. Nah kalian bisa kasih KMR ini... Note: Di beberapa web ada resep pembuatan KMR, tapi kurang bisa di percaya, lebih baik kalian beli KMR yang udah jadi, plus cat lovers ga perlu repot.
  4. Dot atau Baby pet feeder, bentuknya jauh lebih kecil daripada Dot manusia. Kalau kalian beli RC baby cat milk biasanya Dot atau Baby Cat Feeder ini udah termasuk di dalem kaleng, jadi kalian ga perlu repot. 
  5. Lampu pijar max.15 watt, gunanya lampu ya...untuk menghangat tubuh si bayi-bayi kucing. Jadi lampu ini nantinya di masukkan ke dalam kandang bersama bayi kucing. Soalnya bayi kucing ternyata menghabiskan sebagian besar energinya buat menangis/merengek minta makan (bahkan perhatian -___-a). Dan energi untuk menghangat badannya cuma tersisa sedikit, makanya kita harus siapkan lampu untuk menghangatkan badan mereka. 
  6. Handuk, gunanya nanti ketika kita ngasih susu. Jadi si bayi kucing supaya merasa aman kita bungkus/gendong dengan handuk. Handuk juga membuat si bayi kucing merasa hangat, dan bulu-bulu handuk ngebuat mereka merasa berada di dalam perlindungan induknya :D
  7. Kain atau seprai atau pampers alas kandang, gunanya untuk mengalasi kandang. Untuk bayi kucing berumur 0-2 minggu baiknya menggunakan kain, karena kain/seprai bekas menyerap panas, sehingga membantu bayi kucing menghangatkan tubuhnya.
  8. Boneka, emang ya..keliatannya engga penting. *silent laugh* Tapi gunanya boneka ini untuk bayi kucing yang sendirian tanpa saudaranya. Biasanya boneka (fluffy stuffed animal) ini ngebuat mereka merasa engga sendirian, plus mereka juga pasti pengen "ngempeng". Jadi si boneka ini deh yang di empengin. Note: Jangan taruh boneka berdebu di dalam kandang, Taruh boneka yang bersih supaya baby cat engga sakit.
Nah itu barang-barang yang perlu cat lovers siapin, dan yang paling utama yang no.1-7.
Dan berikut ini cara pemberian susu yang baik:
  1. Gendong bayi kucing, pegang di antara ketiak kaki depan, jangan di cubit di leher (kecuali kalau udah umur 3 minggu dan ngeberontak, di cubit di leher gunanya untuk menenangkan mereka). 
  2. Taruh kepala lebih tinggi daripada kaki, seperti posisi akan berdiri dengan dua kaki. Jangan beri minum susu dengan posisi tiduran, kalo engga nanti susunya keluar lagi dari hidung atau lebih parah baby cat bisa tersedak dan ga bisa nafas.
  3. Balut dengan handuk atau selimuti dengan handuk. Biarkan kepalanya keluar.. Kalau kaki depannya keluar, biarin aja. Kadang baby cat merasa tenang kalo mereka bisa megangin tangan atau baby pet feeder mereka. Tetap posisi dengan kepala lebih tinggi dari kaki, seperti posisi akan berdiri dengan dua kaki.
  4. Masukkan bagian dot baby pet feeder ke dalam mulut baby cat.
  5. Tekan bagian botol baby pet feeder atau bagian dot-nya (khusus dot RC) supaya susunya keluar.
  6. Biarkan baby cat menghisap/minum susu dari baby pet feeder.
Setelah baby cat kenyang minum susu, biasanya di tandain dengan mereka menolak minum susu, kalian taruh lagi baby cat di dalam kandang. Untuk beberapa waktu biasanya mereka masih merengek seakan-akan mereka masih mau susu. Tapi sebenernya mereka cuma pengen "ngempeng" atau cari-cari perhatian. Selain cara pemberian susu, Tammy juga ada beberapa tips:
  • Baby cat biasanya kalau poop mencret, karena bukan susu dari induknya. Dan terkadang poopnya mengerak di bagian pantat sampai perut. Kalau sudah mengerak begitu, susah di bersihin dengan tissue basah. Mandikan dengan air hangat (agak panas, di rendam dulu bagian bawah badannya dengan air panas sambil di usap/garuk lembut sampai keraknya lepas), dan langsung keringkan dengan hair dryer. Ketika di mandikan, jangan sampai airnya masuk hidung ya... Mungkin beberapa orang engga setuju memandikan bayi kucing, tapi kalau sudah sampai pipis dan poopnya mengerak dan kalian ga bersihin itu bisa bawa penyakit ke bayi kucing.
  • Selalu jaga kebersihan kandang. Kandang setidak-tidaknya harus dibersihkan 3-5 hari sekali, supaya bekas poop atau pipis baby cat yang nempel di kandang, engga nempel lagi ke tubuh baby cat.
  • Selalu mengelus-elus lembut kepala mereka selama milk feeding atau pemberian susu. Gunanya membangun kepercayaan mereka ke kita, plus mereka juga jadi merasa di sayang sama seperti di jilatin sama induknya.
  • Selalu cuci bersih baby pet feeder setiap hari. Supaya sisa-sisa susu di botol baby pet feeder hilang dan ga basi. Kalau masih ada sisanya, nanti basi, dan ke campur sama yang baru. Itu bisa bikin baby cat sakit perut loh.
  • Jangan membiarkan KMR berada di luar (kulkas) lebih dari 1 jam. Soalnya udara mengandung bakteri, bakteri bisa merusak KMR dan bikin susu jadi basi. Kalau basi ya...akibatnya si baby cat sakit perut dan mencret-mencret. Bahaya juga loh... Baby cat bisa meninggal kalau mencretnya terlalu parah... Makanya, kalau masih ada KMR yang bersisa, langsung masukin kulkas. Di bungkus dulu pake plastik, supaya engga masuk aroma kulkas :)
  • Selalu check/periksa tubuh bayi kucing dari kutu atau jamur. Kutu yang terlalu banyak di badan baby cat bisa menyebabkan baby cat kena anemia loh. Dan pipis atau poopnya yang masih nempel di badan juga bisa bikin baby cat kena jamur.
  • Jangan ganggu baby cat ketika tidur. Kalian pasti pengen banget kan iseng megang baby cat yang lucu banget mukanya pas mereka lagi tidur, tammy saranin jangan.... Bukan cuma karena baby cat butuh tidur sampai 18 jam sehari, tapi sekali mereka kebangun kalo kata tammy "It feels like a disaster" alias mereka bakal ngerengek-rengek ga jelas, padahal belum tentu itu waktunya mereka makan... :|
  • Berikan susu sesering mungkin. Biasanya pemberian susu itu sekitar 4-6 jam sekali. Kalau bisa jangan di skip/terlewat, supaya nutrisi baby cat terpenuhi, karena baby cat membutuhkan nutrisi yang sangat banyak untuk tumbuh.
  • Siapkan wet food untuk kitten. Baby cat udah bisa kita kasih makanan dari sejak umur 3 minggu. Baiknya di kasih wet food bukan dry food yang di encerin, itu saran Drh.Puji-bandung.
  • Siapkan litre box dan pasir. Baby cat umur 3-4 minggu biasanya udah mulai belajar poop di pasir. Mereka juga suka makan pasir untuk poop Sebenernya ini kebiasaan bayi mamalia, termasuk bayi manusia juga, jd untuk mengenal sesuatu yang asing mereka masukin ke dalam mulut. Bahkan pada bayi monyet, mereka bisa sampai menemukan makanan baru dengan kebiasaan ini. Jadi ini kebiasaan yg normal dan akan hilang setelah baby cat berumur 5-6 bulan. Nah karena ada kebiasaan kayak gini, kita harus sering memeriksa baby cat, kalau ketahuan makan pasir, jangan di marahin, tapi keluarin aja langsung dari mulutnya.
  • Selalu berbicara dengan nada rendah. Kucing memang engga ngerti bahasa manusia, tapi mereka bisa mengerti ucapan manusia dari nada bicara kita. Kayak kalo kita bilang "Sayang.. Sayang.." pasti dengan nada lembut kan? Engga mungkin ada orang bilang sayang tapi intonasinya kayak marah-marah, jadi "SAYANG!!! SAYANG!!" XD *ngakak sendiri* Gunanya untuk ke psikologis bayi kucing kalau nanti dia udah dewasa, dengan perlakuan seperti ini mereka merasa bener-bener di sayang dan di beri perhatian yang ngebuat mereka merasa nyaman berada di dekat kita :)
 oke..
Segitu dulu Informasi tentang perawatan bayi kucing tanpa induk... Kalau ada pertanyaan langsung mention Tammy di twitter @blackcat1366. Tetep pantengin timeline tammy di twitter, bakal ada lebih banyak lagi info, tips dan juga cerita-cerita yang bakal Tammy share ke kalian semua. Plus buat cat lovers yang punya cerita/pengalaman menarik tentang kucing, share ke Tammy dengan mengirimkan cerita kalian ke e-mail little.bcat@gmail.com. Jangan lupa cantumin alamat twitter kamu juga!
Dan juga terima kasih banyak buat kawan-kawan cat lovers yang udah follow Tammy dan juga selalu mantengin timeline Tammy, plus yang udah nemenin tammy mention-mention'an pas momo meninggal. Sekali lagi terima ksih banyak :D Semoga info & tipsnya bermanfaat buat cat lovers semua~~~ CMIIW~ Have a wonderful week cat lovers! Meeeooww~~ :3

19 komentar:

W3nz / M@rd1anto mengatakan...

eh
minta bantuan dounk
nih barusan tadi pagi ada anak kucing kira2 umur 1-4 hari jatuh dari atap rumah kami hbiz tuh indukny g datang sampai sekarang ( mlam jam 10 )
lalu tadi siang di beri susu bayi (pas mama gw bru punya bayi )
hbiz tuh pas siang jam 4 ribut terus
di kasih makan g mau
jadi kami elus2 eh malah tidur
jadi malamny bngun lagi tapi ini seakan2 dia nangis
kami kashan dan memberi makan lagi jadi bagaimana, jalur terbaik untuk merawt kitten itu
soalny dia comel bnget


thanks
please bantu

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

ulasannya oke banget gan. selama ini aku bingung merawat anak kucing bila ditinggal induknya cari suami lagi, hehe. sangat bermanfaat dan inspiratif

Tamara Black mengatakan...

Hi cat lovers =3
Next time langsung mention twitter Tammy @blackcat1366 untuk pertanyaan atau konsultasi dalam keadaan darurat atau urgent, biar bisa lebih cepet di bales.. soalnya Tammy jarang ngecheck blog ^___^b

Debora Siburian mengatakan...

teman-teman yang punya kucing, apalagi masih bayi, dirawat baik-baik ya, jangan lalai, harus sabar. Jangan males atau nunda nunda ngasi makan, jangan biarin dia kedinginan. Malam ini aku baru kehilangan Mocha, kucing hitam aku yang umurnya 11 hari. Dia meninggal karena lemas banget, seharian diare, perutnya lembek kayaknya kosong. Aku nyesal lalai ngerawat dia. Seharusnya dia bisa tumbuh besar :") Sedih deh padahal dia baru aja bisa jalan, baru aja telinganya gede..

Genta adithya mengatakan...

Tips mengajari minum susu sendiri di mangkuk :

Sedotan / atau lidi, atau apapun yang berbentuk batang kecil, ujungnya dibalut tisu. Celupkan ujung tisu itu ke susu, lalu rangsang si kitty supaya jilatin tisunya. Kalo sudah terbiasa pelan2 dekatkan ke arah mangkuk susu nya. Butuh sekitar 5 hari supaya kitty bisa otomatis minum ke mangkuk.

Thanks (y)

desy chan anwar mengatakan...

kucing gue matanya bengkak,lumpuh
Gara2 habis jatuh di got.

Gimana caranya nh.. Biar dya sembuh,?

Jiji Tamachan mengatakan...

kucing gua 4 bici ditinggal induknya. sekarang ang nyusuin kucing gue yag lain yang juga punya baby cat -_-. pray for baby cat uw yah and emak tirinya yang baik hati

Tamara Black mengatakan...

sedotan boleh di pake ya, tapi usahakan hindari penggunaan alat2 yg bisa menusuk kayak lidi, dinding mulutnya bisa luka dan mengakibatkan sariawan kalo ketusuk ^___^b selain pake sedotan, bisa pake pipet atau syringe yg bagian jarumnya di buang, di tetesin perlahan2... siiipp... Terima kasih juga sharingnya :D

Tamara Black mengatakan...

kalau kayak gitu langsung bawa ke vet aja ya, di vet nanti di kasih obat untuk memperbaiki syaraf tergantung seberapa parah kelumpuhannya ^___^b

cafri carter mengatakan...

gan ini agak sulit..
anak kucing ku baru lahir jelang 1 hari induk nya mati ..
jadi gmana tu..
ku udah kasih susu tapi tetap meong2 trussss..
tmpat udah-udah sangat spesial dah..

kalo susu nya ku kasih susu encer / susu cap beruang ..
gmana ia gan ...

BALI FAMILY mengatakan...

tip no.1 sangat ampuh. Inget induk kucing suka menjilat pantat bayinya, tip ini rasanya masuk akal. begitu dicoba terbukti ampu :D thanks informasinya.

intan nurhidayah mengatakan...

baru nolongin baby cat yang baru lahir sengaja di ceburin ke got.... bingung deh gimana biar bisa ngerawat baby cat itu :/
tips nya ngebantu
thanks

kirim naskah mengatakan...

aku kan baru dikasih kucing anggora laki laki (Tommy) dan kucing persia aki laki (Tymmo).........
gini masalahnya, kan aku sikat gigiin, aku mandiin tapi kenapa tetap rewel......
aku kasi makan whiskas tetap rewel, yang bener apa ya...
aku bingung


tolong kasih sarannya ya.......
thanks

kuro no hikaru mengatakan...

aku baru nemu anak kucing umur 1 minggu-an ... kalo siang nya di tinggal di rumah,apa aja yang mesti di siapin??

resa puspita mengatakan...

huhh... aku nemu anak kucing gk tau deh umur nya udah berapa minggu.. selama ini nggak pernah ngrusin anak kucing nd miara kucing... jd kerepotan.. trus aku kasih dia tiap pagi en sore susu indomilk eh ternyata 2 hari setelah aku piara yang kucing warna abu2 pups nya mencret.. trus kucing yg warna putih badannya basah mulu coz pipis mulu jd badannya kena basah... duhh pokokknya bingung nih mau di kemanain nih anak kucingnya...

uthe chan mengatakan...

Thanks buat infonya, ngebantu aku bgt buat ngerawat 5 ekor kucing persiaku.. induknya di ambil orang. uhhh repot jg ya jadi ibu asuh buat kucing, apalagi dot yg aku punya cm 1 dn kittennya pada gak sabar gitu...trus td dijelasin kalo kitten bs d kasih makan yg wet food, maksudnya makanan kaleng itu atau bs juga rebusan ikan seger ya?

AGUS SBU mengatakan...

ijin copas ... :)

Monkey D. Luffy mengatakan...

Inget jangan kasih susu yang mengandung laktosa. Kalo mau beli yg emang khusus buat kucing. Kalo emang gada, kasih SGM LLM (bebas laktosa).

Aulia Mutianty mengatakan...

Hai butuh bantuan nihh nemu anak kucing kayanya baru brp hari, udh ngerangkak n melek. Dikasih susu khusus kucing gak mau udh pake pipet n beli dot khusus kitten dipaksain tetep yg dijilat dikit sisanya belepotan :( mesti gimana ya dipaksain susah gak dipaksain kasian kaya nyari" puting induknya, dr kmrn minumnya dikit bgt tp pas dielus pantatnya pipisnya byk. Ada yg mau kasih solusi

 
template by suckmylolly.com