Minggu, 18 Maret 2012

Tips Memilih makanan kucing

Hi Cat lovers~ Tammy mau bagi-bagi tips memilih makanan kucing :D
Belakangan ini jd makin banyak makanan kucing yg beredar, dr mulai makanan premium sampe super premium. Bahkan makanan super premium aja sekarang udah banyak yang jual di petshop-petshop terdekat.
Makanya, Tammy mau bagi-bagi tips dalam memilih makanan kucing. Supaya cat lovers bisa memilih makanan kucing terbaik yang bisa bikin kucing kita makin sehat :3

Tips memilih makanan kucing: 
  1. Pilih makanan yg tidak mengandung pewarna makanan. Biasanya makanan kucing warna-warni (dalam satu bungkus) memliki kandungan pewarna. Makanan yang tidak mengandung pewarna makanan biasanya memiliki warna coklat tua dengan aroma yang sedap. Pewarna makanan juga tidak di serap dengan baik oleh tubuh kucing, yang membuat poop kucing jadi berwarna kehijauan, bau, bahkan mencret/lembek. 
  2. Periksa kandungan nutrisi/bahan yang terdapat di dalam makanan kucing yang akan kita beli. Makanan kucing berkualitas tinggi juga memiliki bahan utamanya ayam/lamb/ikan, bukan air/grain/nasi. Karena pada dasarnya, kucing termasuk dalam golongan karnivora murni, sehingga tidak memerlukan banyak serat dalam makanannya dan tidak butuh banyak karbohidrat atau malah jelly. Hindari makanan yang mengandung kadar "ash" tinggi, sebab bisa menyebabkan penyakit ginjal jangka panjang pada kucing. Jangan juga pilih yang bahannya "by product". "by-products" artinya sisa-sisa dari produk olahan. Contoh "chicken by-products" berarti makanan ini terbuat dr bagian2 selain daging yakni tulang, jeroan, paruh, jengger, ceker, atau bulu. 
  3. Setelah mengecheck ingredient (bahan) dan nutrisi, pilih makanan kucing yang memiliki protein paling tinggi. Semakin tinggi kandungan proteinnya, semakin bagus untuk tubuh kucing. Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi bisa menyebabkan kucing terkena obesitas. Kucing yang makan makanan dengan protein tinggi bisa tumbuh lebih besar, kekar, beberapa gendut, tp bukan gendut air. Makanan by product biasanya bikin kucing jadi gendut air, artinya gendut yg kalau kita pegang perutnya agak lembek berlemak & kurang berotot (sekel/ototnya kurang kencang).  
  4. Pilih makanan dari jenis premium, super premium & ultra premium. Makanan jenis premium, super premium dan ultra premium memiliki kandungan protein yang tinggi dan beberapa produk ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda juga kandungan yang berbeda-beda. Contohnya seperti Royal Canin outdoor untuk kucing yang biasa berkeliaran di luar rumah, tentunya memiliki kandungan yang berbeda dengan Royal Canin kitten 36 atau bahkan makanan super premium seperti Ciclos dan NutriSource. Contoh: Makanan Premium: Royal Canin, ProPlan; SuperPremium: Meracat NutriSource. Di petshop lebih banyak di jual makanan premium dan super premium. Setahu Tammy sih, makanan ultra premium kucing belum masuk di indonesia, kalau pun ada masih jarang pemasarannya. Jauh lebih umum dan lebih mudah di cari makanan premium dan super premium.
  5. Jauh lebih baik lagi, kalau bisa menyelingi makanan dengan makanan yg di racik sendiri. Makanan basah atau kaleng lebih baik daripada makanan kering, karena jarang ada kucing yang terlalu sering minum. Makanan basah bisa di racik sendiri dengan campuran nasi+daging rebus (campuran ayam/sapi & ikan). Kucing bisa beresiko terkena sakit ginjal jika terlalu sering makan makanan yang kering tanpa banyak minum, karena makanan kering memiliki kandung air yang sangat rendah. Tips meracik makanan kucing dari Drh.Rina: Nasi di campur dengan ikan rebus/kukus (tanpa bumbu), dikasih setidaknya sehari sekali untuk kucing yang jarang minum. Racikan tadi, kata Drh.Rina (Serang) bisa membantu mencegah kucing terkena penyakit ginjal loh... Walaupun ada beberapa makanan yang bisa membantu mencegah penyakit ginjal, tapi kita harus melihat dulu seberapa sering kucing kita minum. :)
Nah itu tips memilih makanan kucing dari Tammy.. Selalu sediakan air matang u/ minum & selalu kasih si puss makanan matang, supaya tercegah dari infeksi Toxoplasma. Kalau ada pertanyaan langsung mention Tammy di twitter @blackcat1366. Tetep pantengin timeline tammy di twitter, bakal ada lebih banyak lagi info, tips dan juga cerita-cerita yang bakal Tammy share ke kalian semua. Plus buat cat lovers yang punya cerita/pengalaman menarik tentang kucing, share ke Tammy dengan mengirimkan cerita kalian ke e-mail little.bcat@gmail.com. Jangan lupa cantumin alamat twitter kamu juga! Semoga info & tipsnya bermanfaat buat cat lovers~~~ CMIIW~ Have a wonderful weekend cat lovers! Meeeooww~~ :3

8 komentar:

  1. umur kucing ku 5bln, makanan yg cocok dan buat dia gemuk proplan atau RC ? THX

    BalasHapus
  2. proplan, kasihnya sekitar 2-3 bulan, abis itu ganti ya, proplan protein dan ash-nya terlalu tinggi, bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal kalo pemakaian berkepanjangan :3

    BalasHapus
  3. Oo gitu yaa kucing ak makannya proplan smua..dri yg kitten ampe dewasa..brarti ak ganti aja yaa? Klo RC kadar ash nya tinggi jg ga?

    BalasHapus
  4. Kucingku makan meo..gmn? Whiskes mpha mencret

    BalasHapus
  5. mending meo persia juga enggak apa2 kok kak wanda

    tapi alangkah lebih baik kasih nutrisource di mix proplan yang sesuai usia kucing dan seminggu sekali dikasih kuning telur

    BalasHapus
  6. Kucingku makannya rc36 mix imo plus bagaimana menurut anda mengenai makanan itu ? Lalu, ada yg bilang katanya kalau makanan yg cocok untuk di indo adl yg dr brazil. Sperti ciclos dan croc apakah makanan itu baik untuk kucing kita???

    BalasHapus
  7. Makanan merk apa seh yang bisa bikin kucing gemuk berotot. Syaa udh ksh susu untuk kcing saya tapi dia gk gemuk". Gmna solusinya, pdhl saya udh ksh vitamin juga. Tolong infony ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beliin obat cacing gan, mungkin kucingnya cacingan. Di petshop harga kisaran 30k

      Hapus