Rabu, 30 Mei 2012

Perawatan Bayi Kucing Tanpa Induk (0-1 bulan)

Hi cat lovers~~~
Mungkin beberapa cat lovers masih ingat Tammy baru aja kehilangan kucing Tammy yang namanya Momo (08 May 2008-26 May 2012). Dan belum lama ini (hari minggu, 27 May 2012) Tammy nemu'in anak-anak Momo di dalem langit-langit kostan. Umur mereka kurang lebih 3 minggu. Ini bukan pertama kalinya Tammy ngurus bayi kucing, makanya Tammy mau share ke kalian semua gimana caranya Tammy ngerawat bayi-bayi kucing ini.

Ada beberapa hal yang cat lovers perlu sedia'in :
  1. Tissue, berhubung bayi-bayi kucing ini belum bisa pipis/poop sendiri, jadi kita perlu merangsang mereka untuk pipis/poop dengan cara mengusap-usap lembut bagian pantat mereka. Nah kalo di usap-usap pake tangan, nanti pipis atau poopnya malah bisa beleberan sampai ke perut, jadinya si bayi kucing ini kotor deh.. Itu gunanya tissu, jadi usap-usap lembut bagian pantat dengan tissue sambil mengelap poop/pipisnya..
  2. Tissue basah, kegunaannya sama kayak tissue basah untuk bayi manusia. Setelah bayi kucing poop/pipis, pantatnya di elap lagi dengan tissue basah. Gunanya untuk mengangkat sisa-sisa pipis atau poopnya. Kalo sisa-sia kotoran enggak di angkat, bisa jadi sarang penyakit loh..
  3. KMR atau Kitten Milk Replacer, Susu Formula khusus bayi kucing ini bisa kalian beli di petshop. Harganya macem-macem, contoh RC baby cat milk 350rb/kaleng, Prolac 135rb/kaleng, Coco cat 80rb/kotak. Masalah merek kalo menurut Tammy semua sama aja, yang penting judulnya "Milk Replacer" atau "Baby Cat Milk". KMR ini bisa dipakai dari umur bayi kucing 0-2 bulan. Jadi buat cat lovers yang bingung mau ngasih apa ke bayi kucing yang ditinggal mati induknya. Nah kalian bisa kasih KMR ini... Note: Di beberapa web ada resep pembuatan KMR, tapi kurang bisa di percaya, lebih baik kalian beli KMR yang udah jadi, plus cat lovers ga perlu repot.
  4. Dot atau Baby pet feeder, bentuknya jauh lebih kecil daripada Dot manusia. Kalau kalian beli RC baby cat milk biasanya Dot atau Baby Cat Feeder ini udah termasuk di dalem kaleng, jadi kalian ga perlu repot. 
  5. Lampu pijar max.15 watt, gunanya lampu ya...untuk menghangat tubuh si bayi-bayi kucing. Jadi lampu ini nantinya di masukkan ke dalam kandang bersama bayi kucing. Soalnya bayi kucing ternyata menghabiskan sebagian besar energinya buat menangis/merengek minta makan (bahkan perhatian -___-a). Dan energi untuk menghangat badannya cuma tersisa sedikit, makanya kita harus siapkan lampu untuk menghangatkan badan mereka. 
  6. Handuk, gunanya nanti ketika kita ngasih susu. Jadi si bayi kucing supaya merasa aman kita bungkus/gendong dengan handuk. Handuk juga membuat si bayi kucing merasa hangat, dan bulu-bulu handuk ngebuat mereka merasa berada di dalam perlindungan induknya :D
  7. Kain atau seprai atau pampers alas kandang, gunanya untuk mengalasi kandang. Untuk bayi kucing berumur 0-2 minggu baiknya menggunakan kain, karena kain/seprai bekas menyerap panas, sehingga membantu bayi kucing menghangatkan tubuhnya.
  8. Boneka, emang ya..keliatannya engga penting. *silent laugh* Tapi gunanya boneka ini untuk bayi kucing yang sendirian tanpa saudaranya. Biasanya boneka (fluffy stuffed animal) ini ngebuat mereka merasa engga sendirian, plus mereka juga pasti pengen "ngempeng". Jadi si boneka ini deh yang di empengin. Note: Jangan taruh boneka berdebu di dalam kandang, Taruh boneka yang bersih supaya baby cat engga sakit.
Nah itu barang-barang yang perlu cat lovers siapin, dan yang paling utama yang no.1-7.
Dan berikut ini cara pemberian susu yang baik:
  1. Gendong bayi kucing, pegang di antara ketiak kaki depan, jangan di cubit di leher (kecuali kalau udah umur 3 minggu dan ngeberontak, di cubit di leher gunanya untuk menenangkan mereka). 
  2. Taruh kepala lebih tinggi daripada kaki, seperti posisi akan berdiri dengan dua kaki. Jangan beri minum susu dengan posisi tiduran, kalo engga nanti susunya keluar lagi dari hidung atau lebih parah baby cat bisa tersedak dan ga bisa nafas.
  3. Balut dengan handuk atau selimuti dengan handuk. Biarkan kepalanya keluar.. Kalau kaki depannya keluar, biarin aja. Kadang baby cat merasa tenang kalo mereka bisa megangin tangan atau baby pet feeder mereka. Tetap posisi dengan kepala lebih tinggi dari kaki, seperti posisi akan berdiri dengan dua kaki.
  4. Masukkan bagian dot baby pet feeder ke dalam mulut baby cat.
  5. Tekan bagian botol baby pet feeder atau bagian dot-nya (khusus dot RC) supaya susunya keluar.
  6. Biarkan baby cat menghisap/minum susu dari baby pet feeder.
Setelah baby cat kenyang minum susu, biasanya di tandain dengan mereka menolak minum susu, kalian taruh lagi baby cat di dalam kandang. Untuk beberapa waktu biasanya mereka masih merengek seakan-akan mereka masih mau susu. Tapi sebenernya mereka cuma pengen "ngempeng" atau cari-cari perhatian. Selain cara pemberian susu, Tammy juga ada beberapa tips:
  • Baby cat biasanya kalau poop mencret, karena bukan susu dari induknya. Dan terkadang poopnya mengerak di bagian pantat sampai perut. Kalau sudah mengerak begitu, susah di bersihin dengan tissue basah. Mandikan dengan air hangat (agak panas, di rendam dulu bagian bawah badannya dengan air panas sambil di usap/garuk lembut sampai keraknya lepas), dan langsung keringkan dengan hair dryer. Ketika di mandikan, jangan sampai airnya masuk hidung ya... Mungkin beberapa orang engga setuju memandikan bayi kucing, tapi kalau sudah sampai pipis dan poopnya mengerak dan kalian ga bersihin itu bisa bawa penyakit ke bayi kucing.
  • Selalu jaga kebersihan kandang. Kandang setidak-tidaknya harus dibersihkan 3-5 hari sekali, supaya bekas poop atau pipis baby cat yang nempel di kandang, engga nempel lagi ke tubuh baby cat.
  • Selalu mengelus-elus lembut kepala mereka selama milk feeding atau pemberian susu. Gunanya membangun kepercayaan mereka ke kita, plus mereka juga jadi merasa di sayang sama seperti di jilatin sama induknya.
  • Selalu cuci bersih baby pet feeder setiap hari. Supaya sisa-sisa susu di botol baby pet feeder hilang dan ga basi. Kalau masih ada sisanya, nanti basi, dan ke campur sama yang baru. Itu bisa bikin baby cat sakit perut loh.
  • Jangan membiarkan KMR berada di luar (kulkas) lebih dari 1 jam. Soalnya udara mengandung bakteri, bakteri bisa merusak KMR dan bikin susu jadi basi. Kalau basi ya...akibatnya si baby cat sakit perut dan mencret-mencret. Bahaya juga loh... Baby cat bisa meninggal kalau mencretnya terlalu parah... Makanya, kalau masih ada KMR yang bersisa, langsung masukin kulkas. Di bungkus dulu pake plastik, supaya engga masuk aroma kulkas :)
  • Selalu check/periksa tubuh bayi kucing dari kutu atau jamur. Kutu yang terlalu banyak di badan baby cat bisa menyebabkan baby cat kena anemia loh. Dan pipis atau poopnya yang masih nempel di badan juga bisa bikin baby cat kena jamur.
  • Jangan ganggu baby cat ketika tidur. Kalian pasti pengen banget kan iseng megang baby cat yang lucu banget mukanya pas mereka lagi tidur, tammy saranin jangan.... Bukan cuma karena baby cat butuh tidur sampai 18 jam sehari, tapi sekali mereka kebangun kalo kata tammy "It feels like a disaster" alias mereka bakal ngerengek-rengek ga jelas, padahal belum tentu itu waktunya mereka makan... :|
  • Berikan susu sesering mungkin. Biasanya pemberian susu itu sekitar 4-6 jam sekali. Kalau bisa jangan di skip/terlewat, supaya nutrisi baby cat terpenuhi, karena baby cat membutuhkan nutrisi yang sangat banyak untuk tumbuh.
  • Siapkan wet food untuk kitten. Baby cat udah bisa kita kasih makanan dari sejak umur 3 minggu. Baiknya di kasih wet food bukan dry food yang di encerin, itu saran Drh.Puji-bandung.
  • Siapkan litre box dan pasir. Baby cat umur 3-4 minggu biasanya udah mulai belajar poop di pasir. Mereka juga suka makan pasir untuk poop Sebenernya ini kebiasaan bayi mamalia, termasuk bayi manusia juga, jd untuk mengenal sesuatu yang asing mereka masukin ke dalam mulut. Bahkan pada bayi monyet, mereka bisa sampai menemukan makanan baru dengan kebiasaan ini. Jadi ini kebiasaan yg normal dan akan hilang setelah baby cat berumur 5-6 bulan. Nah karena ada kebiasaan kayak gini, kita harus sering memeriksa baby cat, kalau ketahuan makan pasir, jangan di marahin, tapi keluarin aja langsung dari mulutnya.
  • Selalu berbicara dengan nada rendah. Kucing memang engga ngerti bahasa manusia, tapi mereka bisa mengerti ucapan manusia dari nada bicara kita. Kayak kalo kita bilang "Sayang.. Sayang.." pasti dengan nada lembut kan? Engga mungkin ada orang bilang sayang tapi intonasinya kayak marah-marah, jadi "SAYANG!!! SAYANG!!" XD *ngakak sendiri* Gunanya untuk ke psikologis bayi kucing kalau nanti dia udah dewasa, dengan perlakuan seperti ini mereka merasa bener-bener di sayang dan di beri perhatian yang ngebuat mereka merasa nyaman berada di dekat kita :)
 oke..
Segitu dulu Informasi tentang perawatan bayi kucing tanpa induk... Kalau ada pertanyaan langsung mention Tammy di twitter @blackcat1366. Tetep pantengin timeline tammy di twitter, bakal ada lebih banyak lagi info, tips dan juga cerita-cerita yang bakal Tammy share ke kalian semua. Plus buat cat lovers yang punya cerita/pengalaman menarik tentang kucing, share ke Tammy dengan mengirimkan cerita kalian ke e-mail little.bcat@gmail.com. Jangan lupa cantumin alamat twitter kamu juga!
Dan juga terima kasih banyak buat kawan-kawan cat lovers yang udah follow Tammy dan juga selalu mantengin timeline Tammy, plus yang udah nemenin tammy mention-mention'an pas momo meninggal. Sekali lagi terima ksih banyak :D Semoga info & tipsnya bermanfaat buat cat lovers semua~~~ CMIIW~ Have a wonderful week cat lovers! Meeeooww~~ :3


PS: (030816) Sekarang Tammy punya LINE, untuk pertanyaan mengenai Si Puss add LINE Tammy: @muw2613t. Pakai @ ya depannya ^^ Sampai jumpa di LINE! *smooches*

71 komentar:

  1. eh
    minta bantuan dounk
    nih barusan tadi pagi ada anak kucing kira2 umur 1-4 hari jatuh dari atap rumah kami hbiz tuh indukny g datang sampai sekarang ( mlam jam 10 )
    lalu tadi siang di beri susu bayi (pas mama gw bru punya bayi )
    hbiz tuh pas siang jam 4 ribut terus
    di kasih makan g mau
    jadi kami elus2 eh malah tidur
    jadi malamny bngun lagi tapi ini seakan2 dia nangis
    kami kashan dan memberi makan lagi jadi bagaimana, jalur terbaik untuk merawt kitten itu
    soalny dia comel bnget


    thanks
    please bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kucing dikasih minum air putih hangat boleh apa tidak ya? Bantu jawab dong

      Hapus
  2. gue juga nih baru nemuin 3 anak kucing (1 mati). sebenernya ketemunya tadi sore, cuma masih ada induknya, alhasil gue cuma kasih dia box. eh pas malem gue balik kul, itu anak2 bertiga ga dilindungin nyokapnya terus itu box udah penuh air, alhasil lagi, 1 anak mati. kasian. sekarang gue rawat nih 2 anak kucing umur 2 hari kayanya. mohon doa ya semoga mereka bisa gue rawat sampe gede (terus gue lepas). tq

    BalasHapus
  3. ulasannya oke banget gan. selama ini aku bingung merawat anak kucing bila ditinggal induknya cari suami lagi, hehe. sangat bermanfaat dan inspiratif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo q punya pussy bertanggung jawab ama anak nya kak ....sayang bnget ma anak nya ..tpi sayang induknya saat kluar pulang" keracunan muntah" trus mati
      ..pdahal anaknya 5. Msih umur 7 hari ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

      Hapus
  4. Hi cat lovers =3
    Next time langsung mention twitter Tammy @blackcat1366 untuk pertanyaan atau konsultasi dalam keadaan darurat atau urgent, biar bisa lebih cepet di bales.. soalnya Tammy jarang ngecheck blog ^___^b

    BalasHapus
  5. teman-teman yang punya kucing, apalagi masih bayi, dirawat baik-baik ya, jangan lalai, harus sabar. Jangan males atau nunda nunda ngasi makan, jangan biarin dia kedinginan. Malam ini aku baru kehilangan Mocha, kucing hitam aku yang umurnya 11 hari. Dia meninggal karena lemas banget, seharian diare, perutnya lembek kayaknya kosong. Aku nyesal lalai ngerawat dia. Seharusnya dia bisa tumbuh besar :") Sedih deh padahal dia baru aja bisa jalan, baru aja telinganya gede..

    BalasHapus
  6. Tips mengajari minum susu sendiri di mangkuk :

    Sedotan / atau lidi, atau apapun yang berbentuk batang kecil, ujungnya dibalut tisu. Celupkan ujung tisu itu ke susu, lalu rangsang si kitty supaya jilatin tisunya. Kalo sudah terbiasa pelan2 dekatkan ke arah mangkuk susu nya. Butuh sekitar 5 hari supaya kitty bisa otomatis minum ke mangkuk.

    Thanks (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedotan boleh di pake ya, tapi usahakan hindari penggunaan alat2 yg bisa menusuk kayak lidi, dinding mulutnya bisa luka dan mengakibatkan sariawan kalo ketusuk ^___^b selain pake sedotan, bisa pake pipet atau syringe yg bagian jarumnya di buang, di tetesin perlahan2... siiipp... Terima kasih juga sharingnya :D

      Hapus
  7. kucing gue matanya bengkak,lumpuh
    Gara2 habis jatuh di got.

    Gimana caranya nh.. Biar dya sembuh,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kayak gitu langsung bawa ke vet aja ya, di vet nanti di kasih obat untuk memperbaiki syaraf tergantung seberapa parah kelumpuhannya ^___^b

      Hapus
  8. kucing gua 4 bici ditinggal induknya. sekarang ang nyusuin kucing gue yag lain yang juga punya baby cat -_-. pray for baby cat uw yah and emak tirinya yang baik hati

    BalasHapus
  9. gan ini agak sulit..
    anak kucing ku baru lahir jelang 1 hari induk nya mati ..
    jadi gmana tu..
    ku udah kasih susu tapi tetap meong2 trussss..
    tmpat udah-udah sangat spesial dah..

    kalo susu nya ku kasih susu encer / susu cap beruang ..
    gmana ia gan ...

    BalasHapus
  10. tip no.1 sangat ampuh. Inget induk kucing suka menjilat pantat bayinya, tip ini rasanya masuk akal. begitu dicoba terbukti ampu :D thanks informasinya.

    BalasHapus
  11. baru nolongin baby cat yang baru lahir sengaja di ceburin ke got.... bingung deh gimana biar bisa ngerawat baby cat itu :/
    tips nya ngebantu
    thanks

    BalasHapus
  12. aku kan baru dikasih kucing anggora laki laki (Tommy) dan kucing persia aki laki (Tymmo).........
    gini masalahnya, kan aku sikat gigiin, aku mandiin tapi kenapa tetap rewel......
    aku kasi makan whiskas tetap rewel, yang bener apa ya...
    aku bingung


    tolong kasih sarannya ya.......
    thanks

    BalasHapus
  13. aku baru nemu anak kucing umur 1 minggu-an ... kalo siang nya di tinggal di rumah,apa aja yang mesti di siapin??

    BalasHapus
  14. huhh... aku nemu anak kucing gk tau deh umur nya udah berapa minggu.. selama ini nggak pernah ngrusin anak kucing nd miara kucing... jd kerepotan.. trus aku kasih dia tiap pagi en sore susu indomilk eh ternyata 2 hari setelah aku piara yang kucing warna abu2 pups nya mencret.. trus kucing yg warna putih badannya basah mulu coz pipis mulu jd badannya kena basah... duhh pokokknya bingung nih mau di kemanain nih anak kucingnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa kalau utk kucing jgn di kasih susu manusia mbk.. nyri susu yg free lactosa... kyk bear brand atau sgm LLM+ dan susu khusus utk kucing... ad kok yg sachet hrganya sktr 5rban..

      Hapus
    2. Kalau semacam susu dancow sachet gpp kh y?? Terus Tarakan nya gmn

      Hapus
    3. sekarang kan banyak susu kucing kak, tadi aku beli harganya cuma 5k, pokoknya jangan dikasi susu yang ada laktosanya

      Hapus
  15. Thanks buat infonya, ngebantu aku bgt buat ngerawat 5 ekor kucing persiaku.. induknya di ambil orang. uhhh repot jg ya jadi ibu asuh buat kucing, apalagi dot yg aku punya cm 1 dn kittennya pada gak sabar gitu...trus td dijelasin kalo kitten bs d kasih makan yg wet food, maksudnya makanan kaleng itu atau bs juga rebusan ikan seger ya?

    BalasHapus
  16. Inget jangan kasih susu yang mengandung laktosa. Kalo mau beli yg emang khusus buat kucing. Kalo emang gada, kasih SGM LLM (bebas laktosa).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Just sharing, memang benar SGM LLM direkomendasikan untuk kucing. Tapi sayangnya, waktu dulu saya kasih ke bayi kucing yang saya temu dulu - susu tersebut malah bikin mencret dan dehidrasi parah. Padahal sebelumnya, waktu saya kasih susu bubuk khusus kucing gak ada masalah, malah tumbuh sehat dan aktif. Saya sangat menyesal, jadi saran aja - mending susu khusus kucing saja.

      Hapus
  17. Hai butuh bantuan nihh nemu anak kucing kayanya baru brp hari, udh ngerangkak n melek. Dikasih susu khusus kucing gak mau udh pake pipet n beli dot khusus kitten dipaksain tetep yg dijilat dikit sisanya belepotan :( mesti gimana ya dipaksain susah gak dipaksain kasian kaya nyari" puting induknya, dr kmrn minumnya dikit bgt tp pas dielus pantatnya pipisnya byk. Ada yg mau kasih solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahain susunya anget. kalo susunya anget dia mau nyedot susunya sendiri

      Hapus
  18. Yahhh..kalo udh terlanjur ngasih susu yg ada unsur laksotanya gimana???
    Tapi disusunya banyak vitamin nya.
    Gimana dong

    BalasHapus
  19. aku baru nemu baby cat yang ditinggal induknya, dikasih susu bear brand dia masih aja ngeong2, bingung juga ngasih minum susunya gimana biar bisa keminum, tadi sementara pake pipet. kasiaaan takut mati :((

    BalasHapus
  20. Ini gua ada nemu kucing di depan rumah gua. Nah, dia sih kayanya masih belum ada 1 minggu. Soalnya, dia matanya masih ketutup ga mau melek. Kan gua kasihan liatnya gua ambil tu anak kucing. Gua ga tau banyak soalnya gua cuma berpengalaman rawat anak kucing 4 bulan keatas. Belum pernah yang sekecil ini. Kira-kira dia kalau udh lgs dikasih makan wet food bisa ga?? Soalnya dia juga g mau minum susu. Pake dot juga ga mau. Tolong dijawab ya!!

    BalasHapus
  21. Halo, mau sharing pengalaman saat ini gw lg ngerawat bayi kucing yang induknya meninggal pas ngelahirin dia, bahkan gw harus ngerobek selaput dan motong plasentanya.

    Alhamdulilah ini hari ke 12 dan anak kucing terlihat sehat dan aktif, matanya baru mulai kebuka.

    Untuk ngerawatnya emang ngga gampang karena harus standby 24jam. Kucing harus diminumin susu tiap 3 jam sekali, dibersihin badannya, dilap kemaluannya agar bisa pup/pee. Dalam kandang harus hangat, gw ngga pk lampu tapi pake air panas yg dibungkus plastik dan digulung gulung pk kain. Trus kain didalem kotaknya kalo bisa yg banyak biar kucingnya nyaman.

    Susunya gw pk susu khusus kucing merk Growssy trus ganti ke Top Growth KMR ( Kitten Milk Replacer).

    Dot nya gw pake cara pentil karet ban sepeda, cuma gw ngga pk alat tetes obat pakenya suntikan (tanpa jarum ya).

    Buat siapapun yg lagi ngerawat anak kucing tanpa induk juga semangat ya, selalu ada harapan kok untuk kucing bisa bertahan hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucingku juga mati sehari setelah melahirkan..alhasil aku jadi ibu asuh bayinya tapi seharian ini dia susah buat disuruh minum susu formula,,apa memang dia kenyang atau gimana ya?soalnya dia minumnya sedikit2 aja sisanya malah belepotan kemana2..apa itu normal atau mungkin dia ga suka sama susu formulanya ya?mohon pencerahannya soalnya aku jadi stres takut bayi kucingnya sakit atau gimana,,baru pertama kali aku ngurusin anak kecil sekecil ini,,dia baru umur 4 hari..

      Hapus
    2. Saya juga punya pengalaman sama. Jumpa baby kitten didepan rmh masik lengkap dengan plasentanya alhasil saya potong sendiri dan saya rawat sendiri. Padahal saya lagi repot2nya ngurusin skripsi harus bolak-balik kamis yg jaraknya cukup jauh. Tapi Alhamdulillah baby kitten saya uda berusia 13 uda bisa jalan dan buka mata๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
  22. Mb bli susu sama dotnya dmna ya, saya nemu ank kucing yg di buang umrnya kira2 2 or 3 mggu gtu, mau di ksh susu tp g tau mau bli dmna klau di slwayn kyk hypermat gtu ada g ya? Tlg bntuannya.

    BalasHapus
  23. Tetep semangat buat semua pecinta kucing, semua pasti ada solusinya..yg penting kita usaha n doa, selanjutnya kehendak yg Kuasa

    BalasHapus
  24. Seminggu yg lalu gue aja baru ketemu kucing blesteran persia dan kampung umur 1 minggu jatoh ke got mlm hari.. sampai mata n tubuhnya penuh kotoran dan bau bgt.. langsung gue rebus air ampe panas lalu kucampurin air dingin menjadi hangat trus mandiin gk peduli malam hari.. tp mmg masih blm bersih bgt.. masih luka dimatanya akibat kotoran got dan badan penuh kutu" dan gue bliin minum susu dancow bubuk dan kasih makan ikan goreng keranjang.. hari ke 2 sore masak air campur garam ampe mendidih, stlh anget gue mandiin lagi.. pake shampoo khusus kucing untuk penghalus bulu.. kutunya n telurnya pada mati. setelah ku hairdryer sampe kering. hari ke 3 kondisinya makin baik tp karena matanya masih bengkak, ku bawa langsung ke dokter hewan.. ditangani matanya dan diberikan obat cacing dan dokter pun memberi saran supaya memberikan pil minyak ikan baik utk kulit dan bulu nya, biaya cmn 20rb.. hari ke 4 kucing ku tambah sehat.. aku senang bgt.. ku rawat baik" tanpa perlu ke petshop...
    Udah seminggu ini kucing ku yg berumur 2 minggu skrg udah mulai lincah dan gemuk sehat lagi..
    Saran saya jika ketemu kucing jatoh ke got umur seminggu.. langsung mandiin klo bisa campur dgn garam.. kasih susu dancow bubuk, trus makan ikan goreng. Dan bawa langsung kedokter hewan..
    Beri mereka (kucing) perhatian lebih. Tidur yg banyak.. sering bermain dan ngelus" mereka (kucing).. jika puup ato pipis langsung bersiin dengan air hangat lap pakai tissu.. trus handukin dan keringin sampe betul" dgn hairdrayer..
    Aku pribadi sangat senang bisa menolong kucing itu dan ku rawat sampai skrg. saking senangnya air mata ku pun jatuh...
    Dan kucing nya ku beri nama OCI
    Terima kasih..

    BalasHapus
  25. Dirumahku ad 4ekor anak kucing, mgkn umurnya 3mingguan, krna msh kecil bgt terus jalannya sempoyongan. Malamnya pas gua intip tmpat induknya branak, ank kucingnya msh 4, paginya tinggal 3, entah kmn 1 ekornya lg. Tp ponakan gua blg, smalam induknya bawa 1 ekor ank kucing terus gk balik2 lg. Jd 3 ekornya di biarin, gua harap induknya dtg, ternyata cuma kucing jntan doang yg dtg. Jd gua beliin susu kucing khusus ank kucing.., tp mencret, gua tkut. Jd gua selingin sama air tajin,, kucingnya jd gk mencret lg, udh mulai gemuk,, trus gua mulai ksih makan ikan goreng tp gua remukkin trus gua ksih air dkit. Ribet piara anak kucing, lmbat dikasih makan, ngomel gk jelas,, tp lucu , walau cuma kucing kmpung tp syg bgt.

    BalasHapus
  26. Tingkyuu kak.. baru mungut baby cat usia ga tahu brapa, udh buka mata tapi belum bisa liat,, dikasih susu buat baby cat eh kok mencret :'( ngeong2 terus mgkin karna belum aku kasih lampu pijar itu yaak.. jadi masih kedindinan..

    BalasHapus
  27. Nice share... berguna bangeeettt buat cat lover yg kudu ngerawat baby cat. Makasiihh

    BalasHapus
  28. Kak.. Saya kemarin baru dikasih baby cat 2 ekor (yang tadinya mau dibuang sama pemiliknya). Dia udah melek, tapi rewel banget.
    Sebelumnya saya bel pernah rawat baby cat, aku bener-bener bingung karena aku ngekost, dan memang belum bilang sama ibu kost kalo aku bawa kucing ke kostan.
    Kira-kira gimana ya cara buat mereka anteng, aku udah kasih dia susu dari growssy, aku juga seribg ngelus-ngelus mereka, tapi tetep aja masih rewel..
    Aku takut gak bisa rawat, tapi gak mungkin juga kalo aku buang mereka.. Soalnya udah sayang jugaa:"")

    BalasHapus
  29. Makasih infonya penting banget buatku yang saat ini lg kwtir bgt krn induk kucingku kritis smntara 4 babynya blm bs apa2. Aku memang "goblok" krn mau miara spt kata salah satu komentator td. Tapi meski dengan miara kitten apalagi piatu aku goblok/ kehilangan akal orang normal tapi stidknya masih punya jiwa kasih dari Sang Maha Kasih...bangga diri boleh donk. Pokoknya skali lg mksh. GBU All...

    BalasHapus
  30. Klo bayi kucing baru lahir ngasih susunya brp ml?

    BalasHapus
  31. Kalau induk ga mau kasi asi ke kitten, bisa beli susu formula untuk kucing, contoh royal canin itu dah ada dotnya jg dan ada panduannya buat minggu pertama berapa ml tiap berapa jam, usahakan ikutin panduannya.

    BalasHapus
  32. Ini saya punya 4 kitten sekitar 4 mingguan dan induknya baru mati trus mereka saya kasih replacer kok salah satunya kaya gamau ngedot gitu gimana ya gan solsinyaa, padahal yang lain mau

    BalasHapus
  33. Saya nemu anak kucing kira kira umurnya 1 bulan, dia ga mau minum susu padahal udh diminumin susu kucing tapi dia milih air putih dan kalo dikasih ikan dimakan tpi badan nya makin kurus tolong solusinya ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

    BalasHapus
  34. Saya minta tolong solusinya donk, kan saya ada kucing kampung bunting, kemarin malam jam 11 lwat dia melahirkan di tanah dekat tanaman dkat rmah, ada 3 yg satu mati. Setelah saya mindahin kedua anak nya ke tmpt yg aman dan nyaman pake sarung tangan cie induk ini gak mau menyusui kedua anak nya, sma ari" nya jg gak mau di potong sm induk nya. Ya mau gak mau saya sm ade saya kedua anak ini di bawa ke klinik hewan trdkat buat motong ari nya, udah beli susu dan dot nya tp bayi nya yg wrna putih masih suka nangis atau rewel, mulut nya kayak msih suka nyari itu induk nya, klo di dekat kn lg sm induk nya tkut di makan
    Tp sblm di bwa ke klinik cie induk msih mau jilatin anak nya tp akhir nya cie induk ggit anak nya smpe merah leher blkng nya

    Solusi nya utk kedua bayi nya gmn yaa

    Makasih

    BalasHapus
  35. Tanya dong kaka,, saya nemu anak kucing yang masih ada ari" nya tapi sudah hitam tapi sudah digunting, anak kucing nya susah minum susu jadi bagai mana ya . Terima ksih sebelumnya

    BalasHapus
  36. tanya dong tmn tmn
    saya nemu kucing ntah uda brp bulan
    soalnya uda berbulu masi kecil
    uda saya kasi minum tp masi nangis2
    caranya gmn ya gan

    BalasHapus
  37. Buat cat lovers ..bersyukurlah klo bayi kucing nangis terus atau ngomel ga jelas ..karna ketika suaranya berkurang, mungkin ajal segera menjemputnya (pengalaman pribadi).

    BalasHapus
  38. Aq bru dpt ank kucing ni ... kykx d buang d semak tau2 ngikut smpe rmhq ... prkiraan bru umur semingguan ...
    Krn gk da induknya aq bingung ksh mkn ap ... smntara aq ksh air dlu ... eee mlh tdur d kardus yg aq ksh kain ...
    Btuh msukn krn ni kucing lucu bgt ... mksh min

    BalasHapus
  39. Wah... membantu sekali kakak. Makasih informasinya

    BalasHapus
  40. Kucing Ku baru ngelahirrin dia ngelahirrin 3 anak nah yg ank satu lagi nya meninggal entah knp,Dan 1minggu itu masi di susui Nah pas 2 minggu tiba²dia nggk mau Nyusuin Gitu kek sebel gitu ma ank nya...mau nggk mau gw dehh yang ngerawat nya..๐Ÿ™„Pas3minggu Kucing Itu tumbuh besar Lincah lagi tapi knp pas mau ke 4minggu nya kucing Nggk mau minum susu Trus Badanya kek lemes gitu:(
    Tolong kasi solusinya Dong:(

    BalasHapus
  41. Aku juga baru kehilangan bayi kucing,nyesel deh.ceritanya nemu kucing tanpa induk.ada 3 sudah dikerubungin semut,ari2 blm lepas.alhasil selamat cuma 1,aku rawat deh.krn ini pengalaman pertama aku,aku browsing2 buka youtube bagaimana caranya.intinya cuma 2,kasih susu kusus kucing dan sering2 lap pantatnya buat ngrangsang pub sama pipisnya pakai tisu basah atau apa lah,sesudah itu dilap pakai tisu kering ya biar dia nyaman.kalau tidur jgn diganggu,bayi kucing seneng tidur soalnya..

    Petaka datang waktu mau ke kampung halaman istri,mau ga mau harus dibawa.karena naik kereta ga boleh bawa hewan,diem2 lah masukin ke kereta,lolos deh..
    Eh lupa bawa susu kusus kucing,Akhirnya dikasih susu SGM,diare lemes kurus akhirnya mati..
    Sedih campur marah sama diri sendiri,padahal awalnya ga seneng ada kucing,pas ngrawat kok lucu kaya anak sendiri..
    Ohya kasi susu kambing yg dipetshop ya,satu sachet 7rb an..

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Kak, aku nemu kucing umur nya sekitar 10 hari, tp dia kok blm pup² ya? Klo pipis masih bisa kak..
    Trus klo susu kucing ditaro kulkas itu bertahan sampe brp jam ya kak?
    Tolong dibantu jawabannya ya kak, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau asupannya masih susu diusia memangyg masih beberapa hari biasanya memang masih pipis aja kak.

      Hapus
  45. Please bantu dong, aku baru punya anak kucing tapi di gigit sama kucing lain , gimana ya perawatan nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digigit becanda atau digigit sampai luka dan robek? Kalau robek dan luka sebaiknya di bawa ke dokter hewan mas

      Hapus
  46. Mau nanya.. anak kucing ku baru lahir, tapi dia udah mulai pup, itu kenapa ya.. setau ku kalau pup itu mulai umur 3 minggu. Padahal mereka ga pernah makan sama sekali, cuma minum susu Aja.

    BalasHapus
  47. Permisii, kasih solusi dong... anak kucing aku udah g ada induknya kira2 dia umur 3 minggu. Dia suka makan tapi, kenapa kok dia gk mau minum susu ya?

    BalasHapus
  48. Mohon sarannya, ini kucingku abis adopsi ga bisa pup ๐Ÿ˜ญ di bak pasir ngeden tapi ga kluar pup.nya, kdang pas siang kluar tapi item nempel d lubang dubur persis tai kambing jdi bentuknya ga panjang. Solusi.nya gimana ya agan2? Uda berbagai obat dan ramuan uda d pake tpi hasilnya ttep gtu aja ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

    BalasHapus
  49. Kucingku si opi,keturunan anggora ..kemarin lahiran ,tp anaknya blm bisa nyusu ,yg satu udh pergi(mati) td malam karena kedinginan karena emaknya sering pergi jalan2..kok blm bisa nyusu kenapa ya,apa kira2 dia lahir prematur?

    BalasHapus
  50. Kemarin Nemu anak kucing usia sekitar 2 mingguan, mata udah kebuka (tapi belekan parah) n kuping belum tegak.,.di pasar teriak2...saya lihat g ada induknya..,terus karena saya punya indukan yang baru melahirkan saya bawa itu 2 anak kucing kerumah.,mula2 indukan ga mau nyusui...paling bisa saya pegangin baru itu anakan bisa nyusu....setelah hari kedua walau masih sedikit enggan menyusui tapi dia sudah mau menjilati sedikit anak angkatnya.,.hati saya senang sekali....saya juga jaga2 dengan beli susu kucing supaya anakan ga kehausan karna anak kandung kucing itu sendiri sudah 4 ekor tambah 2 ekor lagi biasanya rebutan nyusu...so saya akali dengan membiarkan anak kandung menyusu pertama sesudah ada lowong Karana kenyang baru saya masukkan anak angkat ini, hehehehe....trik ini lumayan berhasil...n induk tidak terlalu curiga n marah....n sebisa mungkin taruh anak angkat didekat anak kandung supaya baunya jadi sama sehingga induk mau menerima anak itu......good luck para cat lovers

    BalasHapus
  51. Anak kucing bisa lepas dari lampu sekitar usia berapaan ya?

    BalasHapus
  52. Anak kucing kalo dikasi susu bear brand usia 3 hari apakah aman? Soalnya hanya itu yg tersedia dan bgaimna cara pemberiannya?

    BalasHapus
  53. Cara bersihin botol susunya gimana ya kak , pakai sabun atau Ndak?

    BalasHapus
  54. Min mau share pengalaman Nemu anak kucing di belakang rumah udh bisa melihat, jalan nya masih agk susah tp bisa jalan .
    Aku ksh susu kucing 2 jam sekali dan trkdang kucing nya udh nolak susu ( kenyang mungkin ya ) lalu sisa nya aku taro kulkas dan dua jam STLH nya aku kasih susu yang di kulkas aku rendem btol DOT nya sama air anget biar susu nya g dingin , lalu aku ksh eh mau dia ada sekitar 1/2 jam dia pipis dan di susul pup tp ya itu pup nya ga keras ,itu normal kan ya min? mdh mdhan hidup dan bisa jd tmen kucing aku nanti

    BalasHapus